Manfaat Tidur Miring Kekanan

Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Bagi Kesehatan Tubuh – Setiap orang pasti memiliki posisi tidur yang berbeda-beda. Ada yang suka tidur telentang, tengkurap, miring kekanan maupun ke kiri.  Namun itu semua tidak lepas dari kebiasaan yang kita bangun selama ini. Dalam agama islam posisi tidur yang paling dianjurkan adalah dengan menghadap miring ke kanan.
Mungkin pembaca bertanya-tanya apa yang menjadi alasan Rasulullah SAW menganjurkan untuk tidur ke kanan? Saat ini telah banyak penelitian yang membuktikan tidur dengan menghadap ke kanan lebih banyak memiliki manfaat dibandingkan posisi tidur lainnya. Lalu Apa saja manfaat tidur miring ke kanan bagi kesehatan tubuh kita?Berikut ulasannya untuk anda manfaat tidur miring ke kanan
manfaat tidur miring ke kanan manfaat tidur miring ke kanan Manfaat Tidur Miring Ke Kanan Bagi Kesehatan Tubuh bayi tidur miring kanan
Ilustrasi tidur miring kanan
1. mengistirahatkan otak kiri
Otak manusia terbagi atas dua bagian yaitu otak kiri dan kanan. Bagian yang dominan bekerja adalah otak kiri yang mengatur bagian tubuh sebelah kanan kita. Dengan tidur dengan posisi menghadap kekanan, otak kiri yang mengatur bagian tubuh sebelah kanan akan beristirahat lebih optimal Selain itu ini bertujuan untuk menghindari bahaya yang timbul akibat terhambatnya sirkulasi darah di otak.
2. Mengistirahatkan lambung.
Lambung merupakkan oragan tubuh yang terletak pada rongga perut sebelah kiri. Bentuknya menyerupai koma dengan katup keluaran menuju usus terletak di bagian bawah. Nah, jika orang tidur miring kek kiri, maka proses pengeluaran makan yang telah dicerna lambung akan sedikit terganggu. Hambatan ini akan meningkatkankan jumlah asam dalam lambung yang berpotensi mengikis dinding lambung. Selain itu, tidur miring ke kiri dapat menyebabkan cairan usus yang bersifat basa, masuk kembali ke lambung.
3. Mengurangi beban jantung
Manfaat tidur miring ke kanan selanjutnya berhubungan dengan organ yang mempompa darah keseluruh tubuh kita. Saat tidur ke kanan, darah akan terdistribusi secara merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan (bawah). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah dari biasanya. Hal ini menyebabkan denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur.
Selain itu, manfaat tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ organ lainnya. Sebaliknya, tidur dengan posisi miring ke kiri akan menyebabkan curah jantung yang berlebihan, karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri. .
4. Menjaga kesehatan paru-paru
Paru-paru kanan manusia cenderung lebih besar dibandingkan paru-paru sebelah kiri. Jika tidur dengan posisi miring ke kanan, posisi jantung akan cenderung ke kanan. Keadaan ini tidak akan menimbulkan masalah karena ukuran paru-paru kanan yang lebih besar.
5. Meningkatkan proses penyerapan gizi
Saat tidur pergerakan akan usus meningkat. Dengan posisi sebelah kanan, maka perjalanan makan yang telah tercerna dan siap di serap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Selain itu dengan posisi usus halus dan usus besar ada di bawah, ini memungkinkan penyerapan lebih optimal.  Waktu yang lama selama tidur memungkinkan penyerapan bias optimal.
6. Mengosongkan kandung empedu dan pankreas
Aliran chime yang dikeluarkan lambung secara tidak langsung akan menyebabkan cairan empedu juga keluar. Hal ini baik untuk mencegah pembentukan bau empedu. Selain itu, keluaran getah pankreas juga akan meningkat saat tidur miring ke kanan
7. Merangsang proses pengeluaran kotoran
Manfaat tidur miring ke kanan selanjutnya adalah mengperlancar proses pengeluaran Kotoran (BAB), dengan tidur miring ke kanan, pengisian usus besar sigmoid (usus sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Hal ini akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah buang air besar.
8. Menjaga saluran pernafasan.
Tidur miring mencegah jatuhnya lidah ke pangkal yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Sedangkan tidur dengan posisi telentang, akan mengakibatkan saluran pernafasan terhalang oleh lidah. Hal ini pulalah yang menyebabkan seseorang mendengkur. Bahayanya adalah, orang yang mendengkur saat tidur menyebabkan tubuh kekurangan oksigen. Terkadang bahkan dapat mengakibatkan terhentinya nafas untuk beberapa detik yang akan membangunkannya dari tidur. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Tentunya ini sangat mengganggu kualitas tidur.
9. Mengisitirahatkan kaki kiri.
Pada orang dengan pergerakan kanan, secara ergonomis guna menyeimbangkan posisi saat beraktifitas cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan. Sehingga kaki kiri biasanya cenderung lebih merasa pegal dari kanan, apalagi kaki posisi paling bawah dimana aliran darah balik cenderung lebih lambat. Jika posisi tidur miring kanan, maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.

Itulah beberapa manfaat tidur miring ke kanan. Setelah mengetahui manfaatnya, alangkah baiknya mulai saat ini untuk mengubah kebiasaan tidur kita. Mungkin akan sulit di awalnya tapi tentu itu sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh. Selain tidur mejadi lebih berkualitas, kesehatan tubuh pun akan lebih terjaga.
(jagatinfo.net)
Previous
Next Post »

Aceh Blogger Community