Cara Atasi HP Android Yang Restar Sendiri Berulang-Ulang

Setiap sistem operasi baik itu Handphone atau Computer pasti memiliki kelebihan dan kelemahan tersediri. Begitu juga dengan sistem Android yang sangat digemari oleh banyak kalangan saat sekarang,   hal ini dikarenakan sistem android mudah untuk di operasikan serta banyak aplikasi yang bisa di unduh gratis oleh penggunanya.

Namun disisi lain sistem tersebut banyak kekurangan ataupun tidak sempurna, sehingga terkadang banyak resiko serta celah-celah yang dapat menimbulkan masalah bagi penggunanya. Seperti pengalaman pribadi yang saya alami, yaitu ketika android Playstore saya memberitahukan beberapa aplikasi yang ada pada android saya telah tersedia pembaharuan ataupun sudah bisa diperbaharui, kontan saja saya laksanakan dengan harapan upgrade sistem aplikasi bisa lebih mempermudah saya dalam menggunakannya.

Namun setelah ada beberapa aplikasi yang selesai diperbaharui mulai terjadi permasalahan, yaitu androidnya restar sendiri secara berulang-ulang dengan waktu yang sangat singkat. saya mulai panik dan berusaha menginstal aplikasi lainnya seperti antivirus, namun usaha saya nihil karena masalah tersebut tidak hilang. akhirnya saya coba searching di google dan menemukan beberapa tips, dan tips tersebut berhasil. berikut caranya :
  1. Coba anda matikan dulu koneksi Internet anda baik data GSM ataupun WIFI, karena saat tejadi restar berulang-ulang pada android kemungkinan terkena worm, virus atau sejenisnya yang memaksa android untuk booting dan restar secara terus-menerus, dari pengalaman setelah saya matikan koneksi internet hal tersebut tidak terjadi lagi. Namun hal tersebut bukan solusi karena kita masih membutuhkan koneksi internet untuk menjalankan berbagai macam aplikasi android.
  2. Selanjutnya coba anda copy semua file berbentuk foto atau video ketempat lain, serta back-up data android seperti nomor kontak, sms, log panggilan dan sebagainya. tujuannya yaitu tidak ada data dan file yang ada dalam android kita hilang saat kita lakukan perbaikan.
  3. kemudian yang harus anda lakukan yaitu mengembalikan pengaturan android ke pengaturan awal atau kembali ke setelan pabrik, caranya sbb:
 pilih widget pengaturan pada android anda seperti gambar dibawah
lalu pilih sistem yang berada pada scrol bawah halaman kemudian pilih buat cadangan & setel ulang
pilih kembalikan ke setelan pabrik dan hilangkan centang pada perintah cadangkan data sebelum mengatur ulang ponsel. "Catatan penting" file yang ada dalam android harus sudah di pindahkan atau diback-up pada tempat lain atau memori lain, sesuai intruksi poin dua diatas, karena semua data anda akan hilang dan menjadi seperti awal saat baru kita beli.

langkah terakhir tinggal kita tekan setel ulang telepon seperti gambar dibawah, dan masukkan kode atau password android anda. Selanjutnya tunggu sampai semua proses berjalan dan android anda kembali menjadi seperti baru kembali.

    4. Jika semua tahap diatas sudah berhasil, anda tinggal mendownload kembali aplikasi yang diperlukan pada Playstore android, serta mengambalikan data yang sudah kita backup tadi pada android.

selamat mencoba semoga berhasil...





Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Aceh Blogger Community