5 Faktor Yang Dapat Melawan Penyakit Jantung



Penyakit jantung bisa dipulihkan tanpa ada operasi serta tanpa ada obat dengan lima langkah sederhana, tutur Steven Masley, MD. Dia menguraikan perencanaan yang inovatif dalam buku terlarisnya, “The 30-Day Heart Tune-Up. ” 
Dr. Masley, anggota dari American Heart Association serta pemenang penghargaan pendidik, menyampaikan bahwa riset serta pengalamannya tunjukkan bahwa pemikiran konvensional perihal kesehatan jantung (cholesterol yaitu pencetus paling utama penyakit jantung), betul-betul salah. 

Faktor-faktor yang bisa meminimalisir resiko penyakit jantung 

penyakit jantungIa mengemukakan bahwa lebih dari 100 pasiennya sudah sukses membuat jantung mereka lebih muda dengan memakai langkahnya, tergantung pada pola makan serta pergantian pola hidup. Menurut Dr. Masley, pasien-pasien itu bisa memulihkan penyakit jantungnya dengan ikuti apa yang ia juluki juga sebagai aspek 5 F yakni : Fiber (serat), Fish (ikan), Food Nutrients (nutrisi makanan), Fitness (kesehatan), serta Fat (lemak). 

1. Tingkatkan konsumsi serat 
Bila anda mau menangani penyakit jantung yang ada, tingkatkan jumlah konsumsi serat makanan merupakan aspek ‘yang paling utama’. 

Dia mereferensikan serat larut, yang diketemukan dalam kacang-kacangan (beans), kacang-kacangan (nuts), gandum, sayuran, serta buah-buahan. Ia mereferensikan untuk konsumsi lima cangkir buah-buahan serta sayuran sehari-hari, berbarengan dengan 1/2 cangkir kacang-kacangan (beans) serta segenggam kacang (nuts). 

Buah-buahan serta sayuran yang baik untuk jantung yaitu yang berwarna cerah seperti hijau, merah cerah, serta kuning lantaran sangatlah kaya anti-oksidan anti-penuaan. Tomat, jeruk, anggur merah, brokoli, paprika, kale, serta bayam adalah sebagian salah satunya. 

2. Makan semakin banyak ikan 
Makan ikan yaitu hal yang utama lantaran ikan kaya asam lemak omega-3. “Ikan bisa menolong kurangi denyut jantung tak teratur, kekakuan darah (yang bisa mengakibatkan serangan jantung pemicu pembekuan darah), serta trigliserida, ” tuturnya. 

Dr. Masley mereferensikan konsumsi ikan air dingin seperti salmon atau trout sekurang-kurangnya tiga kali satu minggu lantaran ikan-ikan itu memiliki kandungan ‘lemak baik’ yang tinggi serta kecil kemungkinan terkontaminasi dengan merkuri. Suplemen atau kapsul minyak ikan berkwalitas tinggi dapat jadi alternatif bila anda tak konsumsi ikan yang cukup. 

3. Tingkatkan kandungan gizi 
Konsumsi makanan yang sehat bakal memberi beberapa vitamin serta nutrisi yang cukup. “Suplemen dapat juga memberi faedah yang baik untuk kesehatan jantung dengan cara substansial bahkan juga bila anda sudah konsumsi makanan yang bergizi, berolahraga dengan teratur, serta mengelola stres, ” tuturnya. 

Dia mereferensikan untuk konsumsi multivamin yang seimbang sehari-harinya mencakup magnesium (400 mg), vitamin D (2. 000 mg), serta vitamin K (250 mcg). Beberapa orang dengan darah yang encer mesti berkonsultasi dengan dokter mereka terlebih dulu saat sebelum tingkatkan konsumsi vitamn K, tuturnya. 

4. Kurangi lemak badan 
Obesitas adalah aspek resiko jantung yang pasti. Oleh karenanya, menangani lemak badan juga bermakna menangani penyakit jantung, kata Dr Masley. 

Keunggulan lemak badan bukan sekedar tingkatkan cholesterol, desakan darah, serta kandungan gula darah, namun juga membuahkan senyawa inflamasi, serta ini, pada gilirannya bakal mempercepat pembentukan plak di arteri koroner. “Peradangan mengakibatkan darah lengket, yang bisa mengakibatkan serangan jantung atau stroke, ” tuturnya. 

5. Tingkatkan kebugaran 
“Orang yang olahraga dengan teratur mempunyai resiko 40 % lebih sedikit untuk terserang serangan jantung, stroke, serta masalah kematian mendadak, ” kata Dr Masley. Latihan berat sangatlah utama untuk pencegahan penyakit jantung.  

“Arteri koroner anda seperti otot-otot yang perlu dilatih atau digerakkan supaya berperan maksimal. ” 

Beberapa dokter merekomendasikan pada pasiennya untuk olahraga yang enteng saja seperti jalan kaki singkat sehari-harinya untuk kesehatan jantung. Tetapi bila mau melawan penyakit jantung, berolahraga yang dikerjakan sebaiknya intens. Dua puluh menit jalan kaki kurang efisien untuk memotong resiko penyakit jantung. 

Dia mereferensikan latihan aerobik, latihan kemampuan, serta peregangan untuk fleksibilitas, dengan intensitas serta panjang disesuaikan dengan tingkat kesehatan seorang. (VIVA.co.id).
Previous
Next Post »

Aceh Blogger Community